var id = "53206ed961bfc6dda4c779365c76401e72cca3e4"; class="post-template-default single single-post postid-70 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

Punggung Berjerawat? Atasi dengan 7 Cara Efektif Ini

            Jerawat merupakan masalah kulit yang tidak hanya muncul di wajah tetapi juga bisa di bagian lain seperti punggung. Kondisi ini sering dialami oleh banyak orang sehingga berbagai cara dilakukan untuk mengatasi jerawat di punggung. Seperti jerawat di wajah, jerawat di punggung cukup sulit dihilangkan. Alasannya karena jerawat yang muncul di bagian punggung menerima paparan yang terus-menerus seperti dijelaskan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti. Paparan tersebut berupa gesekan, sisa detergen bahkan pakaian yang tidak menyerap keringat.

beli obat

            Jerawat punggung rentan terjadi karena kulit di bagian punggung memiliki pori-pori yang besar dan berminyak. Apalagi, jika bagian punggung tidak dijaga kebersihannya, maka jerawat akan mudah muncul. Bagian ini juga seringkali sulit dibersihkan saat mandi bahkan seringkali tidak terlalu diperhatikan, tidak heran jika jerawat mudah muncul.

Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

1. Gunakan Obat Jerawat yang Tepat

            Produk-produk jerawat yang dijual di apotek tanpa resep dokter bisa digunakan untuk mengatasi dan menyembuhkan jerawat di bagian punggung dengan tingkat keparahan yang ringan sampai sedang. Produk tersebut antara lain retinoid, benzoyl peroxide, dan salicylic acid. Agar cepat hilang dan sembuh, pakai obat jerawat setiap hari secara rutin. Jika masih bingung harus beli obat jerawat apa yang tepat untuk di bagian punggung, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter kulit.

2. Mandi Setelah Olahraga

            Keringat yang keluar setelah olahraga dan bercampur dengan kotoran bisa memicu terjadinya jerawat apabila tidak segera dibersihkan. Maka, sebaiknya apabila sudah berolahraga, dan tubuh sudah tidak terlalu lelah dan keringat yang keluar sudah berkurang, sebaiknya segera mandi untuk mencegah terjadinya jerawat di bagian punggung.

            Menurut dokter Astrid, mandi setelah olahraga yaitu dengan menyabuni bagian punggung lalu keringkan hingga benar-benar kering sebelum memakai baju kembali. Pilih baju dengan kain yang menyerap keringat dan nyaman saat berolahraga. Saat mencuci, pastikan untuk mencuci baju sampai bersih agar kotoran tidak menumpuk.

3. Membersihkan Punggung dengan Lembut

            Jika kamu mempunyai jerawat di bagian punggung dan ingin segera menyembuhkannya, maka usaplah dengan lembut jangan terlalu kasar. Apabila diusap terlalu kasar, jerawat akan menjadi semakin parah dan meradang. Sebaiknya juga tidak memencet jerawat, karena akan meninggalkan bekas yang akan lebih sulit dihilangkan. Setelah punggung benar-benar bersih dari jerawat, ekfoliasi bisa dilakukan dengan menggunakan scrub. Cara ini dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran dan minyak yang bisa menyumbat pori-pori.

4. Gunakan Produk Kulit Berbahan Lembut

            Menggunakan produk dengan bahan lembut tanpa pewangi harus dipilih. Karena produk yang terlalu kasar bisa membuat jerawat semakin parah, apalagi jangan sampai menggunakan sikat punggung. Pilih produk yang menganung non-comedogenic, non-acnegenic, “won’t clog pores” (tidak menyumbat pori) dan tidak mengandung minyak. Pilihan lainnya yaitu pakai produk kulit yang mengandung ekstrak tea tree.

5. Menghindari Gesekan pada Punggung

            Gesekan pada punggung biasanya terjadi karena pemakaian tas ransel. Jika memiliki jerawat di punggung, sementara gunakan tas jinjing terlebih dahulu. Cara ini dilakukan untuk membuat jerawat punggung cepat hilang dan sembuh. Pilih tas yang tidak bergesekan langsung dengan bagian punggung yang berjerawat. Upaya lainnya yaitu kuncir rambut apabila terlalu panjang agar tidak menempel ke bagian punggung. Cara ini bertujuan untuk mencegah kotoran rambut menempel pada kulit punggung yang juga bisa menimbulkan jerawat.

6. Menggunakan Sunscreen

            Kondisi jerawat bisa semakin parah apabila terus terpapar sinar matahari. Ketika menggunakan baju dengan bagian punggung yang terbuka maka gunakan sunscreen untuk mencegah jerawat. Pilih sunscreen yang memiliki tekstur ringan dan tidak terbuat dari bahan dasar minyak.

7. Menerapkan Pola Makan Sehat

            Makanan juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Saat kulit mudah berjerawat, ada beberapa makanan yang harus dihindari, seperti nasi putih, roti putih, dll. Sebaiknya konsumsi lebih banyak gandum utuh, protein tanpa lemak dan sayur serta buah. Jerawat akan berkurang dengan sendirinya apabila kebersihan sudah dijaga. Selain itu, perhatikan juga pola makan dan hindari makanan yang berminyak dan berlemak.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>